Pikiran sedang sedih? Coba tenangkan dengan teknik grounding

Tentang Grounding

Akhir-akhir ini Anda merasa sedih? Selalu flashback atau melihat kilas balik tentang kenangan yang tidak diinginkan dan menyedihkan? Perasaan campur aduk antara sedih, cemas, dan emosi? Jika mengalami itu semua berarti Anda harus mencoba menenangkan diri sendiri dengan teknik grounding

Apa itu teknik grounding?

Teknik grounding merupakan suatu latihan yang dapat membantu seseorang menarik diri atau keluar dari kenangan masa lalu yang menyedihkan sekaligus tidak diinginkan. Teknik ini membantu Anda untuk fokus menjalani masa sekarang dan mengalihkan perhatian atau masa lalu yang menyedihkan dan membuat Anda cemas. Setelah melakukan latihan grounding, harapannya seseorang dapat menciptakan ruang terbuka dari seluruh perasaan tertekannya sehingga segala situasi kecemasan, gangguan suasana hati, depresi, gangguan pasca trauma, dan disosiasi.

Untuk menenangkan pikiran yang menyedihkan ada beberapa teknik grounding mulai dari teknik fisik, teknik mental, sampai teknik menenangkan. Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Tarik dan buang napas perlahan

Ini menjadi salah satu teknik fisik dalam grounding. Bernapas dalam dalam bisa membuat seseorang lebih tenang. Tarik napas perlahan bila perlu sambil pejamkan kedua mata rasakan bagaimana setiap napas masuk mengisi rongga paru-paru lalu mendorongnya keluar.

2. Rasakan tiap gigitan dan tegukan minuman

Kebanyakan orang saat stres atau merasa di pikirannya banyak beban akan banyak makan atau minum. Bahkan di beberapa negara seperti Korea Selatan contohnya, minum miras seperti soju atau alkohol lainnya dianggap mampu sedikit menenangkan diri dan melupakan semua pikiran yang menyedihkan.

Tidak perlu minum minuman yang memabukan, cukup minum sesuatu yang manis atau minuman kesukaan Anda. Rasakan tiap tegukannya saat masuk ke kerongkongan. Begitupun dengan makan, contoh makan coklat, saat menggigitnya pikirkan bagaimana rasa dan bau yang tertinggal di lidah Anda. Cobalah melakukannya walaupun hanya gigitan kecil atau seteguk minuman, jika benar-benar fokus merasakannya maka diri Anda akan tenang.

3. Jalan jalan sebentar

Cobalah untuk sesekali keluar rumah lalu berjalan di taman atau lingkungan yang asri dan sejuk. Nikmati kesejukan dan pemandangan hijau yang menenangkan. Untuk lebih efektif, coba konsentrasi terhadap langkah kaki lalu hitung setiap langkahnya. Perhatikan juga ritme langkah kaki dan rasakan bagaimana rasanya  menginjakan kaki di tanah lalu mengangkat kaki kembali.

4. Mendengarkan suara alam

Bagi Anda yang tinggal di lingkungan perkotaan yang berisik oleh suara kendaraan. Coba luangkan waktu untuk healing ke pedesaan dengan alam yang masih asli. Suara alam seperti burung berkicau, ayam berkokok, air beriak, suara daun tersapu angin bisa menenangkan lho. Ini juga bisa sedikit menghapus kenangan yang pahit dan menyedihkan di masa lalu.

5. Menonton lelucon

Hidup tidak harus selamanya tenggelam dalam kesedihan dan masa lalu yang menyakitkan. Jangan menjadikan diri Anda seperti orang yang paling sengsara di dunia. Tertawalah agar bisa menghilangkan sebagian luka dalam hati dan pikiranmu. Semakin banyak tertawa maka hati akan terhibur tapi ingat ya jangan berlebihan karena ditakutkan Anda dinilai seperti orang gila. Tontonlah lelucon yang bisa menghiburmu. Mungkin Anda penggemar drama korea, cobalah tonton drama komedi romansa atau drama lainnya dengan cerita kocak. Anda penggemar kartun? Tidak ada salahnya menonton kartun seperti spongebob atau mr.bean yang berisi lawakan ringan, mungkin ini dapat membuat Anda tertawa. Intinya buatlah diri Anda tertawa dengan cara Anda sendiri.

6. Bayangkan seseorang yang Anda cintai

Apabila Anda merasa sangat tertekan, cobalah untuk menghalau atau membayangkan visual orang yang Anda cintai atau siapa saja yang membuat Anda bahagia dan memberikan positive vibes. Tidak ada salahnya jika Anda penggemar kpop membayangkan sosok idol favorit Anda yang tampan, sebab ini salah satu metode grounding. Visualisasikan wajah dan pikiran  suaranya, bayangkan ia memberikan semangat atau seolah menyuruh Anda bertahan walaupun di situasi sulit tapi bisa melewati semuanya.

7. Bermain dengan hewan peliharaan

Hewan peliharaan memang menjadi obat pemberi rasa tenang bagi sebagian orang terutama hewan berbulu. Anjing, kucing, atau kelinci biasanya dapat peka terhadap kesedihan yang sedang dialami pemiliknya. Mengelus bulu dan seolah berkomunikasi dengannya dapat membuat perasaan menjadi tenang.